Saturday, October 11, 2014

Perkenalan / Introduction dalam Bahasa Inggris

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris

Hal yang paling dasar dalam bahasa inggris yang tentunya ‘wajib’ selain cara membaca abjad/alfabet dan mengenal penyebutan angka yaitu cara memperkenalkan diri atau istilah bahasa inggris nya Introduction. Kenapa hal ini wajib dalam artian tanda kutip karena setiap pertemuan bahasa inggris (English meeting) maka hal yang dituntut pertama adalah memperkenalkan diri.
Mungkin Anda sudah pernah mendengar bahwa kesan pertama adalah segalanya, selanjutnya terserah. Maka dari itu, memperkenalkan diri haruslah diupayakan membuat orang terkesan. Untuk membuat orang lain terkesan maka tentunya kita harus mengetahui cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris yang baik.
Dalam memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris adalah beberapa versi. Kami di sini menuliskan yang sederhana dan lebih mudah untuk diingat dan juga kami menambahkan arti bahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami.
Contoh cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris beserta artinya
memperkenalkan diri dalam bahasa inggris
Inilah beberapa contoh cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris beserta artinya :
Contoh 1:
Good morning everybody (Good afternoon, Good evening) (Sapaan, selamat pagi, selamat sore dan selamat malam).
Dear Ladies and Gentlemen.
First, I would like to appreciate the protocol who has give me nice opportunity to introduce myself. Well, Ladies and Gentlemen for making efficient our time. Let me begin now.
Pertama, saya ingin mengapresiasi protokol yang telah memberi saya kesempatan baik untuk memperkenalkan diri. Nah, Ladies dan Gentlemen untuk efisiensi waktu kita. Izinkan saya mulai sekarang.
I am Nurul Hilda, but you can call me Nurul.
Saya Nurul Hilda, tapi Anda bisa memanggil saya Nurul.
I live in Jakarta.
Saya tinggal di Jakarta.
I came from Makassar (Indonesia).
Saya berasal dari Makassar (Indonesia).
My religion is Moslem.
Agama saya adalah Islam.
My hobbies are reading and swimming.
Hobi saya membaca dan berenang.
My occuption is student.
Pekerjaan saya adalah mahasiswa.
My tribe is Bugis.
Saya suku Bugis.
I think that’s all my personal data if there are some questions, i’m going to answer as far as my able to. Well, Ladies and Gentlemen, thank you for your kind attention, i’m so sorry if i have some mistakes and see next time.
Saya pikir itu semua data pribadi saya jika ada beberapa pertanyaan, saya akan menjawab sejauh kemampuan saya. Nah, Ladies dan Gentlemen (Tuan dan Nyonya), terima kasih atas perhatian Anda, saya minta maaf jika saya memiliki beberapa kesalahan dan sampai jumpa di lain waktu.
Contoh 2:
Assalamualaikum Wr. Wb.
O.K. my beloved brothers and sister, I want to introduce myself.
I’m Fadillah Abidin.
Saya Fadilah Abidin.
I’m 21 years old.
Saya berusia 21 tahun.
I’m Moslem.
Saya Islam.
I’m from Makassar, South Sulawesi.
Saya dari Makassar, Sulawesi Selatan.
I’m the seventh semester in marine science departement at hasanuddin university. I think enough my personal data thanks for your attention and good luck.
Saya semester ketujuh di Jurusan ilmu kelautan di Universitas Hasanuddin. Saya pikir cukup  saya, terima kasih pribadi atas perhatian dan keberuntungan.
Assalamualaikum Wr.Wb.
Contoh 3:
Well, ledies and gentlemen! (Tuan dan nyonya) !
Its honor for me be here to deliver my personal data to you all, before telling more about my identity, i’d like to deliver my respect to all participants especially to the instructor of english who has kindly invited me. So that I can standing here now.
Kehormatan bagi saya berada di sini untuk memberikan data pribadi saya kepada Anda semua, sebelum memberitahu lebih lanjut tentang identitas saya, saya ingin menyampaikan rasa hormat saya kepada seluruh peserta khususnya instruktur bahasa Inggris yang telah berbaik hati mengundang saya. Sehingga saya bisa berdiri di sini sekarang.
My name is muh. Afdal.
Nama saya muh. Afdal.
I was born in kolaka 12 january 1993.
Saya lahir di Kolaka, pada 12 Januari 1993.
I come from Indonesia.
Saya datang dari Indonesia
I’m 20 years old.
Saya berusia 20 tahun.
My religion is Moslem.
Agama saya adalah Islam.
My hobbies are jogging and football.
Hobi saya adalah joging dan sepak bola.
My father’s name is Kamaruddin.
Nama ayah saya adalah Kamaruddin.
My mother’s name is Kamrida.
Nama Ibu saya adalah kamrida.
I live with my sister.
Saya tinggal dengan kakak saya.
I have 5 brothers and 3 sisters.
Saya memiliki 5 saudara laki-laki dan 3 saudara perempuan.

Itulah tadi beberapa contoh cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris beserta artinya bahasa indonesia. Untuk Anda yang ingin menggunakannya, silahkan langsung ganti data di atas sesuai dengan data diri Anda. Selamat Mencoba.


(Di kutip dari: belajarbahasainggris.web.id dengan perubahan seperlunya.)

0 comments:

Post a Comment

Pembaca yang bijak adalah mereka yang selalu meninggalkan komentar untuk menjadikan blog ini lebih baik lagi.
Berkomentarlah sesuai dengan etika.